God Bless - GIGI - Krakatau

Kemeriahan jalannnya konser dibuka oleh penampilan cadas dan menggebrak dari band progressive rock 70-an, God Bless yang membuka penampilannya dengan gaya smooth lewat lagu Panggung Sandiwara yang diiringi petikan gitar dari Ian Antono. Aksi ini langsung dilanjutkan dengan lagu kedua Musisi yang menonjolkan betotan bass khas Donny Fattah.

God Bless yang pada tahun 70-an menjadi band pembuka dalam konser pertama Deep Purple di Indonesia itu, membawakan 7 lagu selama kurang lebih 30 menit. Di sela penampilannya sambil menghela napas, God Bless sempat mengajak penonton untuk mendoakan ex-keyboardist mereka, Yockie Soerjoprajogo yang terbaring lemah dirumah sakit demi menjalani perawatan intensif. Setelah mendoakan Yockie, God Bless lalu menyanyikan lagu ciptaan Yockie yang berjudul Menjilat Matahari.

Band yang baru saja memenangkan penghargaan AMI Award 2017 untuk album rock terbaik ini juga membawakan lagu-lagu hits mereka dari berbagai album seperti Bla Bla Bla, Anak Adam, dan Bis Kota. Donny Fattah yang pada tahun 2012 pernah jatuh sakit, seakan lupa akan umurnya yang tak lagi muda. Sementara sang vokalis, Ahmad Albar, juga tak henti-hentinya berteriak-teriak meski umurnya sudah mencapai kepala tujuh.

God Bless pun mengakhiri penampilannya dengan lagu Kehidupan. Musik rock yang apik mereka pertunjukkan pada penonton. Seketika setelah lagu itu usai, tanpa banyak jeda, band selanjutnya Gigi pun langsung naik ke atas panggung dan membuka penampilan mereka dengan lagu Terbang. Gigi yang digawangi oleh Armand Maulana di vokal, Dewa Budjana di gitar, Thomas di bass dan Hendy di drum membawakan 8 lagu.

Armand tak segan untuk turun dari panggung dan ber-selfie dengan para penonton.  Ketika lagu Jomblo dihadirkan, Armand mengajak penonton untuk bernyanyi bersama.

Armand juga melontarkan guyonan kepada Thomas yang malam itu mengenakan kostum serba putih di sela aksi panggungnya malam itu. "Loe kayak pesulap aja, bajunya putih-putih begini! Tapi enggak apa-apa, karena Thomas sekarang duda!" kata Armand bercanda.

Setelah lagu Janji yang pernah membuat nama Gigi kian dikenal pada 1990an, Gigi mengakhiri penampilannya. Namun, Thomas dan Hendy tidak jua turun panggung, mereka berdua melakukan solo bass dan drum yang sangat apik.

Suasana semakin panas saat Gilang Ramadhan dan Pra Budi Dharma dari Krakatau membalas solo bass-drum Thomas dan Hendy. Skill Gilang membuat Thomas dan Hendy turun panggung, seketika teriakan penonton yang hadir menyambut kehadiran Tri Utami muncul dari tengah penonton dan menyanyikan lagu La Samba Primadona.

Krakatau baru saja merilis album baru yang bertajuk Chapter One. Krakatau merilis album pertamanya di tahun 1986. Mereka kemudian menyanyikan lagu Gemilang yang merupakan lagu hits di tahun 1986 bersama Tri Utami di posisi vokal.

Penampilan Krakatau dipenuhi dengan aksi adu skill antar tiap personel yang memang bisa dikatakan suhu dalam bidang musik. Semuanya tampak apik dan tertata, fussion jazz yang mereka usung pun sangat kental dan menawan bagi siapa saja yang menyaksikan konser 5upergroup di JCC Senayan, Jakarta.